Minggu, 29 April 2012

Konfigurasi Network Firewall


Salah satu jenis Firewall yaitu Network Firewall. Disini saya akan menjelaskan mengenai konfigurasi Network Firewall.
Alat dan Bahan yang kita perlukan, yaitu dua buah virtual mesin (Ubuntu desktop dan server). Seperti topologi berikut :

( topologi )


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Siapkan alat dan bahan.
2.      Buatlah suatu aturan dari topologi tersebut.
a.       Client A dapat koneksi ICMP ke Client B.
b.      Client B tidak bisa koneksi ICMP ke Client A.
c.       Client A tidak bisa koneksi SSH ke Client B.
3.      Setting IP Address setiap virtual seperti topologi di atas.




4.      Buat syntac untuk aturan pertama kita.


5.      Lakukanlah pengujian koneksi ICMP dari Client A.

6.      Buat syntac untuk peraturan kedua kita.

7.      Lakukan pengujian koneksi ICMP dari Client B.


8.      Lanjut ke peratura ketiga mengenai koneksi SSH, sebelumnya cobalah koneksi SSH dari Client A.
9.      Buatlah syntac pada Router agar Client 2 tidak bisa koneksi SSH ke Client B.

10.  Lakukan uji koneksi SSH dari Client A.

11.  Konfigurasi  telah selesai.

Begitulah konfigurasi Network Firewall. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat. Terimakasih. ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Guests

About Me

Foto saya
Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat, Indonesia
akan menghargai jika dihargai, kalo gak suka ma orang susah untuk gak bisa suka tau simpati lagi, bosenan, gak sabaran, gelehan tapi jorok.. aku rame kalo kamu rame, aku galak kalo kamu jahat.. dan masih banyak lagi tentang aku, dan orang pikir tentang aku, manja juga sih... hehe..
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers