Selasa, 04 Oktober 2011

Manipulasi MAC Address di OS Windows


MAC address adalah sebuah physical address pada computer agar dapat dikenali dalam suatu jaringan yang disimpan didalam PROM peralatan NIC yang mana MAC address terdiri dari 3 byte kode manufaktur pabrikan yang diberikan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan 3 byte untuk nomor serial unik untuk host yang diatur oleh pabrik pembuat, dalam penulisannya 6 angka hexadesimal untuk kode pabrik dan 6 angka hexadesimal yang lain untuk nomor serialnya.
Banyak dari kita beranggapan MAC address atau sebuah physical address pada sebuah NIC tidak dapat diubah. Ya mungkin saja itu benar, tetapi sebenarnya MAC address masih bisa diubah dengan cara melapaskan chip flash dari NIC atau melakukan programing ulang dengan MAC address yang baru.
Nah sekarang aku akan memberikan cara – cara mengubah MAC Address pada komputer sesuai keinginan tanpa melepas chip flash dari NIC atau menggunakan program tambahan. Pertanyaannya bagaimana ini bisa dilakukan? Itu dapat dilakukan hanya dengan menuliskan nilai dari MAC address yang baru ke dalam windows registry.
Dimana bila Netwok Adapter Device aktif, windows akan mencari diregistry nilai dari NetwokAddress, Jika nilai tersebut ada maka windows akan menggunakannya sebagai MAC address, jika tidak windows akan menggunakan code physical dari NIC. Dengan cara ini kita dapat menganti – ganti MAC address tanpa perlu membeli NIC baru.
Mungkin tujuan dari mengubah MAC address pada sebuah NIC adalah sebagai berikut:
  • Melakukan Sniffing dalam jaringan.
  • Maksudnya kalian dapat menggunakan MAC address host lain dalam jaringan yang sama, sehingga kita dapat menerima paket data yang ditujukan untuk host tersebut . Sebenarnya masih ada cara yang lebih baik untuk melakukan hal tersebut yaitu ARP poisoning, ini akan aku bahas pada artikel selanjutnya.
  • Agar dapat melewati filtering MAC address pada router.
  • Dengan menggunakan MAC address yang valid host dapat dengan mudah ditemukan dengan melakukan sniffing dan kemudian para pengguna lain yang melakukan hal – hal yang menyimpang dapat mengambil MAC address tersebut. Bila hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan beberapa masalah stabilitas jaringan pada suatu waktu hal ini dikarenakan terdapat 2 host dalam jaringan sama, memiliki address yang sama. Dilihat dari pertimbangan tersebut bahwa dapat disimpulkan bahwa MAC address filtering pada wireless router tidak ada artinya. Jadi mungkin saja cara ini dapat dimanfaatkan dengan baik?
  • Agar dapat melindungi MAC address
  • MAC address akan di lindungi dari orang yang tak bertanggung jawab dan security logs atas informasi dari system logs tersebut.
  • Untuk melepaskan dari tuduhan penyerangan.
  • Sebagai contoh jika sebuah wireless router mendeteksi atau mengamankan host client yang mencoba untuk konek dengan MAC yang sama pada BSSID router tersebut, maka host itu dapat merubah MAC addressnya lagi.
Kita akan mulai saja bagaimana sebuah MAC address dapat diubah – ubah, teknik ini biasanya juga disebut dengan MAC spoofing. Artikel ini aku tuliskan hanya untuk bahan pembelajaran jadi bila ada penyalahgunaan dari artikel ini aku tidak bertanggung jawab lho.Berikut langkah langkahnya:
  1. Lihatlah MAC address NIC sebelum melakukan perubahan dengan masuk pada command prompt lalu ketikan ipconfig /all lihat informasi yang ditampilkan yang menunjukan MAC address pada contoh dibawah adalah physical address : 00-03-FF-59-AA-BD.
  2. Masuklah pada Control Panel lalu double klik icon Network Connections.
  3. Setelah berada pada Network Connections pilah NIC yang ingin kamu ubah MAC addressnya dengan mengklik kanan lalu pilih Properties atau double klik iconnya.
  4. Sekarang pada Tab General klik tombol Properties.
  5. Lalu pada Tab General klik tombol Configure.
  6. Selanjutnya pilih Tab Advanced lalu pada Property: klik item Network Address dan pada bagian kirinya pilih Value lalu isikan dengan nilai MAC address yang diinginkan seperti contoh dibawah aku mengisikan dengan nilai 000000FFFFFF lalu akhiri dengan mengklik OK.
  7. Nah ulangi langkah pertama untuk melihat MAC addressnya sekarang telah berubah sesuai yang kamu isikan pada Value tadi, seperti gambar dibawah MAC addressnya berubah menjadi 00-00-00-FF-FF-FF.
  8. Sebenarnya masih ada cara lain yaitu mengubahnya melalui Registry Windows tetapi berhubung cara ini lebih mudah dimengerti ya ini saja ya.

Tutorial ini saya ambil dari : http://yustian.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Guests

About Me

Foto saya
Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat, Indonesia
akan menghargai jika dihargai, kalo gak suka ma orang susah untuk gak bisa suka tau simpati lagi, bosenan, gak sabaran, gelehan tapi jorok.. aku rame kalo kamu rame, aku galak kalo kamu jahat.. dan masih banyak lagi tentang aku, dan orang pikir tentang aku, manja juga sih... hehe..
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers